Jika mengkaji penggunaan dari laser cutting di dalam industri di dunia, maka ini bisa dibilang laser cutting merupakan inovasi terbaik yang akhir-akhir ini semakin populer dan semakin banyak digunakan sebagai pilihan teknologi manufaktur yang terbaik. Mengapa? Karena hasil akhir dan finishing dari produk laser cutting ini bisanya jarang memerlukan sebuah sentuhan ulang lagi.

Presisi yang optimal terhadap pemotongan bahan adalah hal yang sangat diperhatikan dan menjadi hal utama dalam proses pemotongan laser cutting metal. Dalam beberapa kasus, hal ini bisa merupakan sebuah proses yang menggunakan prosedur berbasis termal atau panas.

Sinar laser akan memotong atau melelehkan area yang sudah ditarget melalui komputer dan laser akan berjalan secara otomoatis untuk memotong material dengan rapi. Pemotongan ini akan terselesaikan melalui sebuah kombinasi antara panas dan tekanan yang diarahkan/ di fokuskan ke material tersebut.

Inilah kenapa proses pemotongan ini merupakan salah satu teknik yang digunakan dalam pemotongan logam, karena teknologi sinar laser bisa memotong semua material padat seperti nikel, baja, aluminium atau kuningan. Selain metal, proses pemotongan menggunakan laser cutting metal juga mampu memotong emas, perak serta bahan-bahan non-metal seperti polimer, karet maupun bahan plastik.

Proses Pemotongan Laser Cutting

Jika anda ingin memotong material apapun menggunakan proses laser cutting maka maka anda harus menggunakan file CAD sebagai pemandunya. CAD sendiri merupakan singkatan dari Computer Aided Design merupakan sebuah program komputer yang menghasilkan format gambar berupa garis-garis dengan ukuran presisi.

Salah satu jenis software yang sangat populer adalah AutoCad. Saat Anda sudah memiliki desain yang telah dihasilkan menggunakan software CAD, maka Anda bisa langsung melanjutkan proses pemotongan.

Menggunakan mesin laser cutting, Anda bisa mendapatkan tingkat detail materi yang sangat baik. Selain memproses pemotongan, beberapa teknologi laser mampu melukai dan membuat ukiran diatas material-material lunak seperti kayu, mdf dan akrilik.